pendidikan karakter

PENGANTAR  AMT

  • Pendidikan karakter bertujuan untuk menjadikan terdidik menjadi manusia yang berkarakter baik, berperilaku benar dalam hubungannya dengan Tuhan, manusia lain, dan dirinya sendiri.

  • Ada 5 jenis manusia:

1. Manusia Haram: “manusia yang kehadirannya merugikan orang lain, dan ketiadaannya sangat diharapkan karena menguntungkan”.

2. Manunia Makruh: “adanya menimbulkan masalah dan ketiadaannya tidak menjadi masalah”.

3. Manusia Mubah: “manusia yang ada dan tiadanya sama saja” – manusia mubadzir.

4. Manusia Sunnah: “manusia yang adanya dibutuhkan ketiadaannya tidak ada masalah”

5. Manusia wajib: “manusia yang keberadaannya sangat dibutuhkan dan disukai lingkungan, dan ketiadaannya sangat dirasakan sebagai kehilangan.

  • Bapak/Ibu: semoga kita menjadi manusia “Wajib” yang keberadaannya sangat dibutuhkan dan disukai llingkungan dan ketiadaannya sangat dirasakan sebagai kehilangan”

  • Kita ingin menjadi manusia baik …

YA …, MANUSIA  BAIK

Manusia yang paling baik adalah  yang paling baik akhlaqnya..

Manusia yang paling baik adalah yang banyak membaca dan memahami agama Tuhan—mereka adalah yang paling taqwa kepada Tuhan, yang paling banyak melakukan amal baik dan mencegah kemungkaran, dan yang paling suka menyambungkan tali persaudaraan…

Manusia yang paling baik adalah yang paling baik dalam membayar hutangnya …

Manusia yang paling baik adalah yang tulus dan berhati lurus, hati yang taqwa…, tidak menyimpan dosa.., tidak lalim dan tidak dengki …

Manusia yang paling baik ialah manusia yang panjang usianya …

Yang paling baik diantara kamu adalah yang paling sederhana dalam urusan dunia,  dan cinta kepada akherat.

Yang paling baik diantara kamu ialah yang membela kepentingan keluarganya selama tidak berdosa.

Yang paling baik diantara kamu adalah yang paling baik pada keluarganya.

Tidak akan memuliakan perempuan kecuali lelaki yang mulia…., dan tidak akan merendahkan perempuan kecuali lelaki yang rendah juga..

Yang paling baik diantara kamu adalah yang paling baik kepada istri dan anak-anaknya …

Yang paling baik diantara kamu adalah yang mempelajarai ajaran Tuhan dan mengajarkannya …

Yang paling baik diantara kamu ialah yang tidak meninggalkan dunia karena akheratnya—dan tidak meninggalkan akherat karena dunianya.

Yang paling baik diantara kamu ialah—yang jika kamu memandangnya mengingatkanmu kepada Tuhan.., yang pembicaraannya menambah ilmu, dan amalnya mengantarkanmu ke akherat…

Yang paling baik diantara ummatku (kata utusan Tuhan) ialah orang-orang yang bila engkau melihatnya, engkau ingat kepada Tuhan…

Yang paling jahat diantara umatku (kata utusan Tuhan) ialah yang berjalan kesana kemari dengan menyebar fitnah…, mengadu domba orang-orang yang mengasihi…, berbuat kejam, dan mengganggu orang tanpa tanggung jawab…

Yang paling jahat diantara umatku (kata utusan Tuhan) ialah yang lahir dan tumbuh besar di tengah-tengah kemewahan, lalu.., perhatiannya hanya macam-macam makanan, kemewahan, dan menyombongkan diri dalam pembicaraan …

Yang paling baik diantara umatku (kata utusan Tuhan)  ialah para ulamanya—para gurunya, yang paling baik diantara ulama–guru ialah yang paling penyayang diantara mereka, mereka tidak saling curiga, tidak saling mengolok-olok, dan tidak merasa benar sendiri , tidak merasa sempurna ..

Yang paling baik diantara umat beragama ialah mereka yang orang lain selamat dari gangguan lidah dan tangannya….

Amal paling baik ialah engkau tinggalkan dunia dalam keadaan lidahmu basah dengan ingat kepada Tuhan…

Amal paling baik ialah beriman kepada Tuhan, cinta karena Tuhan, dan benci karena Tuhan….

Amal yang paling utama sesudah iman kepada Tuhan ialah mencintai sesame manusia, … engkau mencintai orang lain seperti mencintai dirimu sendiri…, engkau benci sesuatu yang menimpa diri orang lain sebagaimana engkau benci hal itu menimpa dirimu…, pilihlah, engkau berkata yang baik atau diam sama sekali.

Pendidik yang baik adalah pendidik yang tulus dan ikhlas mendidik siswa-siswainya menjadi manusia-manusia terbaik.

Pendidik yang paling baik adalah pendidik yang senantiasa memberi kemudahan-kemudahan agar siswa-siswinya menjadi mudah belajar ..

Diantara amal pendidik yang baik adalah keteladanan perilakunya. …

Diantara amal pendidik yang baik adalah do’a do’a untuk keberhasilan siswanya …

Diantara cirri pendidik terbaik adalah yang sangat dirindukan oleh siswa-siswinya…., berlaku santun dan menebar senyum kepada siapapun, kehadirannya sangat dibutuhkan dan disukai oleh lingkungannya, dan kepergiannya dirasakan sebagai kehilangan.

Mudah-mudahan kita termasuk pendidik yang terbaik di negeri ini.

DOA

Ya Allah ya Tuhan kami…, melalui Rasulmu…, engkau telah memberi tahuku cirri-ciri manusia yang terbaik…, dan tanda amal-amal orang yang paling baik….

Namun…, ya Allah.., kata-kata kotor dan menyakitkan masih  seringkali meluncur dari mulut kami…; dari mulut kami seringkali meluncur kata-kata hampa tanpa makna…, dari mulut kami seringkali bertutur tanpa alur…, dan berbicara ngawur…..

Meski diri kami tahu bahwa, sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain, namun ya Allah, seringkali kami masih begitu egois…, masih mementingkan diri sendiri…, merasa benar sendiri…, mementingkan kelompok sendiri…, dan berbuat dholim kepada orang lain.

Ya Allah…, janganlah kesalahan dan dosa-dosa yang begitu banyak itu menjadi penghalang bagi terkabulnya do’a-do’a kami…., untuk itu ampunilah kami ya Allah…, selamatkan sisa umur kami ya Allah…, jangan biarkan diri kami sesat  ya  Allah.., jangan biarkan diri kami bergelimang maksiat ya Allah…,

Ya Allah ya kariim…, jadikanlah waktu siang dan sore ini .., waktu yang indah bersamamu, jadikanlah waktu ini waktu yang penuh perlindungan dan kasih sayangmu, jadikalnah hati ini selalu sadar kepadamu…

Ya Robbi…, hanya  engkaulah penguasa manusia, karuniakan hati kami untuk saling mengasihi sesame ciptaanmu, jangan biarkan kami mendzalimi mereka ya Allah…, jangan biarkan mereka mendzalimi diri kami…, kami tidak ingin hidup gagal ya Allah, kami rindu sekali ya Allah untuk menjadi manusia yang baik.

Kami mohon ya Tuhan.., jadikanlah kami guru-guru yang mampu menata niat mengabdi kepadamu ketika kami melangkahkan kaki ke sekolah…, guru yang mampu membimbing dan mengarahkan anak didik kami menjadi manusia yang terbaik…, kami tahu ya Allah para orang tua menitipkan anak-anaknya ke sekolah ini untuk kemajuan anak-anak mereka, kami tahu ya Allah anak-anak dan orang tuanya mengharapkan dapat diterima di sekolah-sekolah dan perguruan tinggi terbaik di negeri ini ya Allah…., tanpa kekuatan, hidayah dan kehendakmu kami tidak bisa berbuat apa-apa. Untuk itu ya Allah, berilah kami kekuatan, kesabaran, kemauan yang tinggi, dan kerja keras

Wahai yang maha agung…, Engkau yang mentautkan jiwa dengan raga kami…, engkau pulalah yang akan memisahkannya,.. seandainya esok Engkau pisahkan jiwa dari raga kami…, pisahkanlah dengan akhir yang baik, kami mohon ya Allah…jadikanlah waktu ini …, waktu jamuanmu bagi kami…, waktu lembutnya hati kami…, waktu yang akan engkau ijabah do’a-do’a kami…, semoga waktu ini menjadi kebaikan.

Pos ini dipublikasikan di informasi, informatika, kesehatan, komunikasi, matematika, pendidikan, sosial, spiritual, teknologi, Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s