Belajar Jarak Jauh via Internet

Dengan keterbatasan subjek maupun fasilitas pendidikan di Indonesia, pendidikan jarak jauh melalui Internet menjadi menarik untuk di lirik. Kajian ini akan memfokuskan tentang beberapa cara yang praktis bagi anda yang ingin mencoba melihat kemungkinan pendidikan jarak jauh melalui Internet. Tentunya semua ini tanpa melalui ijin & birokrasi di DIKNAS.

Di tengah kontroversi pro & kontra pendidikan jarak jauh, baik dari sisi penyelenggaraannya, authentikasi siswa, jaminan kualitasnya. Di samping banyak juga keuntungan yang ada, seperti hemat biaya dll. Ada beberapa tip yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk mengambil pendidikan jarak jauh:

• Pilih sekolah yang beraliansi dengan universitas / college yang sudah mempunyai cukup nama
• Perhatikan program yang ditawarkan dan pelajaran / modul yang diberikan, apakah dapat sesuai dengan yang diinginkan .
• Perhatikan sistem penilaian dan cara belajar mengajar, apakah siswa dapat dengan mudah mengakses tugas-tugas yangdiberikan dan dapat berinteraksi secara cepat dengan tutor atau dosen dari mata kuliah yang diambil.
• Jenis ijazah yang diberikan
• Biaya yang harus dibayarkan, apakah biaya tersebut mampu dipenuhi oleh calon siswa. Jangan sampai di tengah jalan ternyata anda tidak mampu menyelesaikan studi hanya karena biaya yang diperlukan tidak cukup. Perhitungkan juga biaya lain yang harus dikeluarkan untuk proses belajar , misalnya baisa akses internet, biaya pembelian literatur wajib, dll. Ingat jika mengambil kuliah atau kursus dari luar negeri berarti literatur yang dibutuhkan adalah literatur asing , biaya ini tidak murah mengingat kurs rupiah kita semakin lama semakin terpuruk akhir-akhir ini.
• Kendala bahasa – jika mengambil sekolah jarak jauh di luar negeri yang notabene bahasa pengantarnya adalah bahasa asing, maka anda memerlukan penguasaan yang cukup memadai terhadap bahasa asing tersebut. Tapi jika anda berhasil lulus minimal anda akan mempunyai kelebihan yaitu dalam penguasaan bahasa asing tsb .

Program pendidikan jarak jauh banyak sekali yang ditawarkan, di Indonesia anda dapat mengambil program di Universitas Terbuka http://www.ut.ac.id. Sayang sekali kebanyak program-program yang ditawarkan kurang beragam apalagi program-program tertentu hanya dapat diambil oleh lulusan dari sekolah pendidikan guru atau yang sekarang bekerja sebagai tenaga pendidik. Fakultas yang ditawarkan yaitu FMIPA, FISIP, FEKON dan FKIP. Biaya dan persyaratan yang dibutuhkan untuk menempuh pendidikan di UT ternyata tidak tercantum di dalam website UT tersebut.

Anda juga dapat mengambil program distance learning di luar negeri, misalnya di US. Ada baiknya cek terlebih dulu website badan akreditasi pendidikan jarak jauh Amerika, yaitu di http://www.detc.org. Di website tsb anda dapat membaca daftar dari college atau universitas yang sudah terakreditasi oleh badan yang berwenang untuk program pendidikan jarak jauh. Program yang ditawarkan sangat beraneka ragam, dan banyak juga program yang aneh2. Program biasa yangditawarkan misalnya bachelor of sience, bachelor of bussiness, master of human resource management, phylosophy , e-commerce,dll. Sedangkan program yang termasuk langka dalam artian di Indonesia kita tidak pernah menjumpai program tersebut, misalnya: diamontologyst ( ilmu mengenai berlian), graduate jeweler, diamond grading, training in hypnosis and hypnoterapy. Distance learning khusus untuk orang buta juga ada, mereka menyajikan materi kursus nya dalam huruf braille. Untuk memperoleh informasi lebih lengkap sebaiknya dibaca FAQ ( Frequent Ask Questions) dari website ini.

Website lain yang berisi mengenai daftar dari college atau university yang menyediakan distance learning lainnya adalah http://www.elearners.com . Website ini cukup baik, dan menyediakan informasi yang bisa dicari lewat mesin pencari yang ada di website tersebut untuk kursus-kursus online atau pendidikan jarak jauh di amerika.

Biaya yang diperlukan untuk mengikuti pendidikan jarak jauh ini cukup beragam, untuk menempuh MBA di Regis University – Denver misalnya anda memerlukan biaya sebesar US$ 13.000 ( sudah termasuk biaya untuk buku-buku, video, audio, tutorial personal lewat e-mail). Di University of Phonex misalnya, biaya yang dibutuhkan adalah sebesar USD 85 untuk pendaftaran, dan biaya persemester berkisar antara USD 400- USD 496. Untuk menjadi mahasiswa di Universitas Barrington ( http://www.barrington.edu) dibutuhkan biaya sebesar USD 700 ( untuk biaya pendaftaran bagi warga negara di luar USA) , biaya pertahun adalah sebesar USD 3.300 ( untuk bachelor) , USD 4.500 ( untuk master) sedangkan jika ingin mengambil bachelor dan master sekaligus biayanya adalah sebesar USD 6.500 pertahun. Biaya tersebut sudah termasuk mentoring, konseling, dan materi untuk pembelajaran.

Website lain yang berisi mengenai daftar university atau college yang menyediakan distance learning adalah: http://www.accrediteddldegrees.com, http://www.dlcoursefinder.com. Anda juga dapat memperoleh informasi mengenai distance learning ini lewat website Universitas Terbuka, buka halaman website UT (htpp://www.ut.ac.id) dan pilihlah menu publikasi dan klik ‘distance learning website’

Dari website ini anda dapat memperoleh informasi mengenai universitas/college atau lembaga kursus lain yang menyediakan distance learning , yang terakreditasi oleh pemerintah Amerika Serikat . Jadi anda tidak akan salah pilih, dan dapat belajar di sekolah yang mutunya sudah terjamin.

Bagi siswa yang berasal dari luar negeri, sebaiknya membuka homepage dari educational credential evaluators inc (htpp://www.ece.org) . ECE adalah sebuah lembaga yang dapat memberikan laporan evaluasi terhadap ijasah seseorang yang hendak bersekolah di Amerika , tetapi berasal dari negara lain. Untuk memperoleh persyaratan apa dan biaya yang ahrus dikeluarkan klik saja menu evaluation report dan pilih lah negara Indonesia.

Bahan-bahan untuk menunjang pendidikan dapat diperoleh dengan bebas di internet, baik lewat on line resources yang disediakan oleh sekolah yang bersangkutan atau bahan-bahan informasi yang banyak disediakan secara gratis oleh universitas yang ada di seluruh dunia yang dapat diakses lewat website.Anda juga dapat mencari informasi di perpustakaan online yang ada di internet.

Mengikuti program pendidikan jarak jauh meruopakan suatu alternatif pilihan untuk memperoleh gelar atau memperoleh ilmu. Permasalahannya adalah bahwa dengan mengikuti program ini segala sesuatu nya adalah “ up to me” artinya segala sesuatunya bergantung kepada anda sendiri. Tidak ada jadwal belajar atau kelas yang harus anda ikuti , anda yang harus secara aktif mencari informasi atau resource tambahan, bertanya kepada tutor atau dosen , menentukan sendiri kapan harus mengerjakan tugas . Anda dapat dengan bebas dan merdeka menentukan kapan harus belajar, sampai dimana anda belajar , dengan kecepatan seberapa suatu topik diselesaikan.Rasanya cukup menantang dan bebas bukan ..? Hanya yang perlu diingat adalah kadangkala kebebasan yang diperoleh tersebut dapat menjadi batu sandungan terutama jika kebebasan tersebut membuat anda lalai, tahu-tahu waktu sudah terbuang percuma dan anda masih belum menghasilkan sesuatu yang berarti …dan satu lagi ..anda sudah harus membayar kembali biaya untuk suatu mata kuliah yang seharusnya sudah dapat anda selesai kan.

Pos ini dipublikasikan di pendidikan. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s