10 matematikawan besar sepanjang sejarah

Sering disebut bahasa alam semesta, matematika adalah fundamental bagi pemahaman kita tentang dunia dan, dengan demikian, sangat penting dalam masyarakat modern seperti kita. Di mana-mana adalah matematika, dari mulai air keran di dapur ke teknologi satelit, program televisi dsb. Dengan demikian, matematikawan besar tidak diragukan lagi nama mereka tertanam dalam sejarah. Daftar ini dokumen beberapa orang seperti itu. Saya telah menilai mereka berdasarkan kontribusi dan bagaimana mereka berpengaruh terhadap matematika pada saat itu, serta efek abadi mereka hingga sekarang. Saya juga menyarankan sobat untuk melihat lebih dalam kehidupan orang-orang ini, karena mereka adalah orang-orang benar-benar menarik, sederhana, inspiratif dan penemuan mereka sangat mencengangkan – terlalu banyak untuk menyertakan di sini. Seperti biasa, daftar tersebut sangat subjektif, dan dengan demikian ada tambahan dari sobat Portal Unique di komentar!

11.
Al Khawarizmi

Karya klasikalnya yang terbaik di bidang aljabar adalah buku Al-Mukhtasar di Hisab al-jabr wa l-Muqabala. Buku ini juga diterjemahkan dalam bahasa Latin pada abad pertengahan dan menjadi rujukan utama sejarah matematika.
Para pemikir Muslim mewarisi ilmu matematika jauh sebelum peradaban Yunani dan Hindu. Kontribusi Muslim terhadap perkembangan ilmu matematika dimulai sejak awal abad kedelapan sampai pertengahan abad ke-15. Para ahli matematika Muslim itu umumnya berasal dari Iran atau Irak yang muncul bergantian sejalan dengan adanya peperangan selama periode itu.
Perkembangan ilmu mataematika meluas ke wilayah barat melalui Turki dan Afrika Utara termasuk sebagian besar wilayah Spanyol sampai perbatasan Cina. Al Khawarizmi, ahli matematika dan astronomi dari Persia, memperkenalkan sebuah metode yang hampir sama dengan penjumlahan bilangan akar kuadrat. Dia juga merupakan orang yang memperkenalkan konsep pengurangan untuk variabel bilangan kuadrat.
Dia juga menyempurnakan dan mengembangkan geometri dengan persamaan kuadrat yang mempunyai dua variabel, seperti lingkaran, elip, parabola, dan hiperbola. Berkat dia, kita kini mengenal istilah aljabar yang merupakan terjemahan dari bahasa Arab Al-Jabr yang diambil dari judul bukunya yang paling terkenal, yaitu Al-Jabr wa l-Muqabala (buku tentang pengurangan dan persamaan).
Aljabar adalah penggabungan teori bilangan-bilangan rasional, irasional, dan geometri. Konsep ini memberikan dimensi dan pengembangan teori matematika yang benar-benar baru dibandingkan teori-teori sebelumnya. Aljabar pulalah yang menjadi dasar pijakan
pengembangan teori matematika selanjutnya. Aspek penting lain dari teori aljabar adalah dimungkinkannya penerapan matematika untuk bidang keilmuan eksak lainnya yang belum pernah terjadi di masa lalu.
Khawarizmi adalah salah seorang ilmuwan terhebat pada abad pertengahan dan merupakan ahli matematika terpenting yang terkenal dengan sebutan Bapak Aljabar. Dia menulis buku Al-Jem wa l-afraq bi Hisab al-Hind yang juga disebut Hisab al-Adad al-Hind pada bidang aritmatika yang menggunakan bilangan numerik India termasuk angka nol dan notasi desimal untuk pertama kalinya. Hal ini berkaitan dengan empat operasi dasar matematika, yaitu penambahan, pembagian, pengurangan, dan perkalian.
10 

Pythagoras of Samos

Matematikawan Yunani Pythagoras dianggap oleh beberapa orang menjadi salah satu ahli matematika besar yang pertama. Tinggal di sekitar 570-495 SM, di Yunani modern, ia dikenal memiliki kultus Pythagoras, yang dicatat oleh Aristoteles menjadi salah satu dari kelompok pertama untuk secara aktif belajar dan matematika mengenal. Ia juga sering disebut dengan Teorema Pythagoras dalam trigonometri. Teorema memainkan peranan besar dalam pengukuran peralatan modern dan teknologi, serta menjadi dasar sebagian besar dalam matematika. Jadi, dia bisa disebut bapak matematika modern.

9 

Andrew Wiles

Ahli matematika yang masih hidup di dalam daftar ini, Andrew Wiles yang paling terkenal untuk bukti tentang Teorema Terakhir Fermat: Bahwa tidak ada bilangan bulat positif, a, b, dan c dapat memuaskan persamaan n a^ n + b ^n = c^ n  Untuk n yang lebih besar kemudian 2. (Jika n = 2 itu adalah Formula Pythagoras). Walaupun kontribusi untuk matematika tidak, mungkin, semegah lain dalam daftar ini, dia ‘menemukan’ sebagian besar matematika baru untuk bukti tentang teorema. Selain itu, dedikasinya sering dikagumi oleh sebagian besar ilmuan, karena ia secara harfiah mengurung diri pergi selama 7 tahun untuk merumuskan solusi. Ketika ditemukan bahwa solusi yang terdapat kesalahan, ia kembali ke kesendirian selama setahun lebih supaya solusi itu diterima. Dan akhirnya kontribusinya di terima.

8 

Isaac Newton and Wilhelm Leibniz

Saya telah menempatkan mereka berdua dan diberi kehormatan menjadi ‘penemu’ dari kalkulus modern, dan dengan demikian keduanya memberikan kontribusi monolitik ke lapangan. Untuk memulai, Leibniz sering memperkenalkan notasi standar modern, terutama tanda ‘integral’. Dia membuat sumbangan besar untuk bidang Topologi. Isaac Newton telah, umumnya menjadi orang utama dipuji oleh sebagian besar menjadi penemu kalkulus yang sebenarnya.

7

Leonardo Pisano Blgollo

Blgollo, juga dikenal sebagai Leonardo Fibonacci, adalah salah satu matematikawan terbesar abad pertengahan. Hidup pada tahun 1170-1250, ia memperkenalkan Seri Fibonacci di dunia barat. Meskipun dikenal matematikawan India sejak sekitar 200 SM, selain matematika ia juga sering muncul dalam sistem biologi. Selain itu, dari fibonacci ini juga memberikan kontribusi besar terhadap pengenalan sistem penomoran Arab.
Haven menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di Afrika Utara ia belajar sistem penomoran Arab, dan setelah menyadari itu jauh lebih sederhana dan lebih efisien daripada angka Romawi, ia memutuskan untuk hijrah ke dunia Arab dan belajar dari matematikawan terkemuka. Setelah kembali ke Italia pada 1202, ia memperkenalkan angka arab, dan menganjurkan penggunaannya. Dia adalah yang mengadopsi angka arab ke Eropa.

6 

Alan Turing

Ilmuwan komputer dan kriptanalis Alan Turing dianggap menjadi salah satu pemikir terbesar dari abad ke-20. Setelah bekerja dalam Kode Cypher Pemerintah dan Sekolah di Inggris selama perang dunia kedua, ia membuat penemuan penting dan membantu dalam cracking enkripsi Enigma Jerman. Tidak diragukan lagi mempengaruhi hasil dari perang Jerman.
Setelah berakhirnya perang ia menginvestasikan waktu di komputasi. Setelah datang dengan ide mesin komputasi gaya sebelum perang, ia dianggap salah satu ilmuwan komputer yang pertama.

5

René Descartes

Filsuf Perancis, fisika dan matematika Rene Descartes terkenal atas filsafatnya ‘Cogito Ergo Sum’. Meskipun demikian, warga Prancis yang tinggal pada tahun1596-1650. Di samping Newton dan Leibniz, Descartes membantu memberikan dasar-dasar kalkulus modern. Di adalah penemu istilah sumbu X dan Y atau disebut Cartesian Geometri, dikenal kebanyakan sebagai grafik standar (garis grid Square, sumbu x dan y, dll) dan penggunaan aljabar untuk menggambarkan berbagai lokasi seperti . Sebelum ini geometri yang paling sering digunakan kertas biasa (atau material lain atau permukaan) untuk membentuk sebelumnya seni mereka. Dia menemukan teori skala, seperti skala pada peta, sehingga tidak perlu lagi mengukur/menghitung sesuatu secara manual.

4

Euclid

Yang tinggal di sekitar abad 300SM, dia dianggap sebagai Bapak Geometri dan opus magnum-nya: “Elements”, adalah salah satu karya matematika terbesar dalam sejarah, yang digunakan dalam pendidikan sampai abad ke-20. Sayangnya, sangat sedikit yang diketahui tentang kehidupannya, dan apa yang di ditulis nya. Di samping Elements, lima karya yang masih hidup lainnya, diduga telah ditulis oleh dia, umumnya tentang topik Geometri atau teori Nomor. Ada juga lima karya-karya yang, sayangnya, telah hilang sepanjang sejarah.

3

G. F. Bernhard Riemann

Bernhard Riemann, lahir dari keluarga miskin pada tahun 1826, dan meningkat menjadi salah satu matematikawan terkemuka dunia di abad 19. Daftar sumbangan untuk geometri yang besar, dan dia memiliki berbagai teorema . seperti: Geometri Riemann, permukaan Riemann dan Riemann Integral. Ia mungkin yang paling terkenal dengan teorema yang sulit yaitu Riemann Hipotesis, sempat diabaikan oleh dunia dan mendapat kontroversi dari berbagai ahli matematika lainnya tapi teorinya kembali dipakai hingga sekarang. Dia juga sempat mendapat penghargaan Nobel.

2

Carl Friedrich Gauss

Anak ajaib Gauss, dikenal sebagai ‘Pangeran Matematika’, membuat penemuan pertama besar ketika masih remaja, dan menulis Disquisitiones Arithmeticae atau Aritmetika yang luar biasa, pada saat ia berumur 21 tahun. Dia dikirim ke Collegium Carolinum sebelum ia berangkat ke Gottingen (pada saat itu adalah universitas matematika  paling bergengsi di dunia). Setelah lulus pada tahun 1798 (pada usia 22), ia mulai membuat kontribusi penting di bidang utama matematika, terutama teori bilangan (terutama pada nomor Perdana). Dia melanjutkan untuk membuktikan teorema dasar aljabar, dan memperkenalkan konstanta gravitasi Gauss dalam fisika, serta banyak lagi – semua ini sebelum dia berusia 24 tahun! Ia melanjutkan pekerjaannya sampai meninggal pada usia 77 tahun.

1

Leonhard Euler

Jika Gauss adalah Pangeran, Euler adalah Raja-nya. Hidup pada tahun 1707-1783, ia dianggap sebagai matematikawan terbesar yang pernah ada di planet ini. Ia melanggar dasar teori Einstein secara genius. Ia juga menemukan berbagai notasi matematika termasuk konsep fungsi (dan bagaimana hal itu ditulis sebagai f (x)), singkatan trigonometri fungsinya, ‘e’ untuk dasar logaritma alami (The Euler Constant), huruf Yunani Sigma untuk penjumlahan dan huruf ‘/ i’ untuk unit imajiner, serta “pi” simbol untuk rasio keliling lingkaran dengan diameternya dan masih banyak lagi. Semua adalah yang memainkan peranan besar pada matematika modern, sampai saat ini.
Selain ini, ia juga memecahkan Tujuh Jembatan masalah Koenigsberg dalam teori graph, menemukan Karakteristik Euler untuk menghubungkan jumlah simpul, sisi dan wajah obyek, dan (dis). Ia juga banyak memecahkan banyak teori matematika ilmuan lain . Selain itu, ia terus mengembangkan kalkulus, topologi, teori bilangan, analisis dan teori graph serta masih banyak lagi.

sumber : http://portalunique.blogspot.com/2010/12/10-matematikawan-terbesar-sepanjang.html

Pos ini dipublikasikan di Uncategorized. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s