administrasi pendidikan

1. Latar Belakang
Administrasi pendidikan merupakan merupakan sub system dari system pendidikan disekolah yang bertujuan menunjang pencapaian tujuan pendidikan secara efektif dan efisien .Dalam pp 38 tahun 1992 pasal 20 disebutkan bahwa tenaga pendidik yang ditugaskan untuk menjadi pengelola satuan pendidikan dan pengawas pada jenjang pendidikan dasar adalah dari kalangan guru .Oleh karena itu pengembangan karir guru berkaitan dengan bidang administrasi pendidikan .
Berdasarkan hal tersebut ,calon-calon guru yang akan bertugas sebagai pengajar harus memperoleh latar belakang pengetahuan dan keterampilan dalam administrasi pendidikan .

2. Pengertian
Secara etimologi kata administrasi berasal dari bahasa latin ad dan administrate yang menurut Gei (1992) artinya melanyani ,membantu,menunjang pencapaian tujuan sehingga benar-benar tercapai .Pengertian administrasi secara lengkap menurut Gei adalah segenap rangkaian kegiatan penataan terhadap pokok pekerjaan yang dilakukan oleh sekelompok orang dalam bekerjasama mencapai tujuan tertentu .
Menurut sitjipto dan Raflis administrasi pendidikan dapat dilihat dari berbagai aspek ,yaitu :
Pertama : Bila dilihat dari aspek kerjasama administrasi pendidikan dapat diartikan kerjasama diantara orang-orang /personil sekolah untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisisen.
Kedua : Administrasi pendidikan dilihat dari segi kerangka berpikir system .Sistem adalah keseluruhan yang terdiri dari bagian-bagian yang saling berinteraksi satu sama lain dalam proses mengolah masukan menjadi keluaran.
Ketiga: Administrasi pendidikan adalah proses pencapaian tujuan pencapaian tujuan pendidikan yang dimulai dari proses perencanaan ,pengorganisasian ,pemantauan dan evaluasi dalam mencapai tujuan pendidikan .
Keempat : Administrasi pendidikan dapat dilihat dari segi manajemen .Jika administrasi pendidikan dilihat dari segi ini perhatian hendaklah terbagi kepada usaha pemanfaatan sumber-sumner yang ada dalam proses pendidikan.
Kelima : Administrasi pendidikan dapat dilihat dari segi kepemimpinan yaitu proses mempengaruhi menggerakkan orang lain untuk bekerja lebih giat kearah pencapaian tujuan.
Keenam : Administrasi dapat dilihat dari segi proses pengambilan keputusan. Kegiatan kerja sama dalam proses pendidikan tidak luput dari pemecahan masalah yang dihadapi. Untuk memecahkan masalah tersebut memerlukan dalam mengambil keputusan yaitu kegiatan dalam memilih tindakan yang baik dari sejumlah kemungkinan yang dapat dilakukan.
Ketujuh : Administrasi pendidikan daapat dilihat dari segi komunikasi. Komunikasi adalah proses pertukaran pesan antara si pengirim dengan si penerima daik secara verbal Maupin non verbal untuk mengubah tingkah laku.
Kedelapan : administrasi pendidikan sering diartikan dalam arti sempit , yaitu kegiatan ketatausahaan yang intinya adalah kegiatan catat mencatat mendokumentasikan kagiatan, mengelola surat menyurat denagn segala aspeknya, serta menyiapkan laporan.
Selanjutnya Purwanto ()1999) mengemukakan adminitrasi pendidikan adalah segenap proses pengarahan dan pengintegrasian segala sesuatu, baik persi\onil, spiritual, maupun materil, yang bersangkutan dengan pencapaian tujuan pendidikan.
3. Fungsi administrasi pendidikan
a. Perencanaan : merupakan kegiatan awal yang dilakukan dalam kegiatan administrasi , sekaligus sebagai persiapan sebelum sesuatu usaha dilakukan, rencana merupakan pra sarat dalam melakukan apapun. Menurut Siagian (1980)’Perncanaan adalah keseluruhan proses pemikiran dan penentuan secara matang dari hal-hal yang dikerjakan dimasa yang akan dating dalam rangka pencapaian tujuan yang ditentukan.
b. Pengorganisasian : Menurut Siagian (1980) adalah keseluruhan proses pengelompokan orang-orang, alat, tugas-tugas tanggung jawab dan wewenangsedemikian rupa sehingga tercipta suatu organisasi yang dapat digerakkan sebagai suatu usaha kesatuan dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan.
c. Pegarahan : menurut Nurhadi (1983) adalah usaha memberikan bimbingan dan pengarahan yang diberikan sebelum suatu kegiatan pelaksanaan dilakukan untuk memelihara, menjaga dan memajuakan organisasi melalui orang yang terlibat baik structural maupun fungsional, agar setiap kegiatan yang dilakukan nantinya tidak terlepas dari usaha pencapaian tujuan pendidikan.
d. Pengkoordinasian : Pengkoordinasian disekolah diartikan sebagai usaha untuk mengatur pendidikan kegiatan dari berbagai individu atau unit di sekolah agar kegiatan berjalan selaras dengan anggota/unit lainnya dalam mencapai tujuan sekolah.
e. Pengawasan(Cntroling) : Menurut Siagian (1980) adalah proses pengamatan dari pada pelaksanaan seluruh kegiatan organisasi untuk menjamin agar semua pekerjaan yang sedang dilakukan berjalan sesuai dengan tujuan yang telah ditentukan sebelumnya.

4. Tujuan
Tujuan administrasi pendidikan adalah meningkatkan efisiensi dan efektifitas penyelenggara operasional pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan .
Tujuan administrasi pendidikan disekolah :
a. Tujuan jangka pendek : Tujuan administrasi sekolah jangka pendek adalah agar tersusun dan terlaksananya suatu system pengelolaan instrumental dari proses pendidikan guna mencapai pelaksanaan pendidikan sekolah secara efektif danefisien dan menunjang tercapainya tujuan pendidikan disekolah .
b. Tujuan jangka menengah : adalah menunjang tercapainya tujuan institusional masing-masing jenis dari jenjang pendididikan ,seperti 6yang digariskan oleh kurikulum.
c. Tujuan jangka panjang adalah untuk menunjang tercapainya tujuan pendidikan nasional seperti yang digariskan oleh undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No 2 tahun 1989.

5. Bidang Garapan
a. Bidang kurikulum
b. Kesiswaan
c. Sarana dan prasarana
d. Personalia pendidikan
e. Bidang keuangan pendidikan
f. Ketatausahaan
g. Bidang hubungan sekolah dan masyarakat
h. Bidang layanan khusus

About these ads
Tulisan ini dipublikasikan di informasi, komunikasi, pendidikan, sosial, teknologi, Uncategorized. Tandai permalink.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s